MARKET DAY "Membangun Jiwa Entrepreneurhsip Anak Sejak Dini"

 

MARKET DAY
"Membangun Jiwa Entrepreneurhsip Anak Sejak Dini"


Sabtu 22 Desember  2018, ada keramaian di SDN 1 Gondang. Seluruh warga sekolah (guru, murid, orangtua) berpartisipasi dalam kegiatan Market Day tahun 2018.  Kegiatan ini merupakan pertama kali yang diadakan oleh SDN 1 Gondang . Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan pengambilan Raport oleh wali murid. Peserta market day (penjual) kali ini adalah siswa-siswi dari kelas 5 dan 6. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orangtua/wali murid. Dari pagi hari, anak-anak dengan dibantu oleh orangtua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan wali kelas dan siswa.  
Sehari-dua hari sebelumnya, anak-anak dengan dibantu oleh orang tua mereka membuat atau membeli barang-barang yang akan dijual pada kegiatan market day ini. Dalam hal ini terjadi kolaborasi dan kerja sama serta komunikasi antara anak-anak dengan orang tua mereka. Barang-barang yang dapat dijual dalam kegiatan market day ini adalah aneka jenis makanan, minuman, aksesories, dan pakaian.
Kegiatan Market Day ini di pusatkan di lapangan atau halaman SDN 1 Gondang. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Pengawas Dabin Bp. Rebut Irianto, S.Pd.,M.Pd. pada pukul 08.00 WIB, yang diawali sambutan dari Bp. G. Saino, S.Pd.,M.Pd. selaku kepala SDN 1 Gondang. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan market day ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini.  Hal ini selaras dengan tema Market Day tahun ini yaitu "Membangun Jiwa Entrepreneurhsip Anak Sejak Dini".
Setelah acara ini dibuka secara resmi , anak-anak menuju dan menempati  meja dagangannya masing-masing untuk memulai kegiatan jual beli. Di dalam kegiatan market day ini, terjadi proses pembelajaran secara langsung. Mereka melaksanakan "Learning by Doing" atau belajar dengan cara melakukan langsung. Dengan demikian mereka akan langsung bisa merasakan atau mengalami seluruh proses yang dibutuhkan dalam kegiatan entrepreneurship.

Ada beberapa kemampuan atau keterampilan yang dapat dibangun atau ditumbuhkan melalui  kegiatan market day ini. Pertama, di dalam kegiatan market day ini, anak-anak dituntut untuk bisa menghitung. Sebagai contoh menghitung uang kembalian dari barang yang dijual. Dalam hal ini, mereka sedang diasah keterampilan aritmatis atau matematis-nya. Yang kedua, di dalam kegiatan market day ini, anak-anak dituntut untuk bisa menawarkan atau memasarkan barang dagangannya. Dalam hal ini, mereka sedang diasah keterampilan marketing-nya.
Selain keterampilan-keterampilan tersebut, ada beberapa nilai atau jiwa yang harus dimiliki dan dapat ditumbuhkan dalam diri mereka. Beberapa diantaranya adalah keberanian, pantang menyerah, ketelitian, dan lain sebagainya.       
Itulah sekilas gambaran kegiatan Market Day SDN 1 Gondang Tahun 2018. Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam membangun dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak-anak sebagai bekal kehidupan di masa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyuluhan Adiwiyata di Sukomangu 1