SDN 1 GONDANG RAIH JUARA 1 SEKOLAH RAMAH ANAK TINGKAT KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2018

Penerrimaan Tropi Kejuaraan Pada Peringatan Hari Ibu
 SDN 1 Gondang  meraih Juara 1 Sekolah Ramah Anak (SRA) Tingkat Kabupaten Tahun 2018. Penghargaan ini diberikan pada puncak Peringatan Hari Ibu di Gedung Serba Guna Griya Kencana Wonogiri. Sekolah lain yang menerima penghargaan ini adalah SDN 1 Wonogiri sebagai juara 2 dan SMPN 1 Eromoko sebagai juara 3. Bagi SDN 1 Gondang, kejuaraan ini merupakan prestasi yang ke-23. Keberhasilan dalam meraih kejuaraan di akhir tahun ini  melengkapi hasil prestasi yang diraih Sekolah selama tahun 2018.

Proses Seleksi
Penghargaan ini merupakan hasil rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Wonogiri. Berawal dari bulan Juli 2018 SDN 1 Gondang mendapatkan tugas dari Kordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Purwantoro untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis sekolah ramah anak di dinas PPKB dan P3A . Setiap peserta dari masing-masing kecamatan diharapkan membuat profil sekolah ramah anak. Kegiatan ini diikuti oleh sekolah dari masing-masing kecamatan dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, sampai SMA/SMK/MAN. Dari profil yang dikirimkan, akan diambil 3 besar sebagai peraih juara sekolah ramah anak tingkat kabupaten. Setelah diambil 3 besar, maka tim penilai sekolah anak akan melakukan verifikasi kepada sekolah untuk menentukan juara 1, 2, dan 3. Dari hasil profil yang dikirimkan ada tiga sekolah yang memenuhi syarat untuk menerima penghargaan sekolah ramah anak, yaitu SDN 1 Wonogiri, SDN 1 Gondang, dan SMPN 1 Eromoko.
Bimtek Sekolah Ramah Anak
Proses Verifikasi
Pada hari Rabu 19 Desember 2018, Tim verifikasi sekolah ramah anak dari Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Wonogiri melakukan kunjungan ke SDN 1 Gondang. Kegiatan verifikasi dihadiri oleh Pengawas Sekolah, Perangkat Desa,  Forkompincam, Koramil, dan  Kapolsek.  Kegiatan ini bertujuan untuk mencocokan data dan fakta yang ada di sekolah dengan profil sekolah ramah anak yang telah dikirimkan pada bulan Juli 2018. Sesuai dengan Juknis Sekolah Ramah anak, bahwa sekolah dapat dikatakan sekolah ramah jika sudah memenuhi 24 indikator terkait sekolah ramah yang terangkum dalam 6 komponen sebagai berikut:
1.      Kebijakan Sekolah Untuk Menuju Sekolah Ramah Anak
2.   Pelaksanaan Kurikulum
3.    Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terlatih Hak-Hak Anak
4.    Sarana Dan Prasarana Yang Ramah Anak
5.    Partisipasi Anak
6.    Partisipasi Orang Tua/Wali, Lembaga Masyarakat,
Dunia Usaha, Pemangku Kepentingan Lainnya, Dan
Alumni
Disamping indikator di atas sekolah  harus aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.
Secara fisik SDN 1 Gondang telah memberikan kenyamanan dihati para siswa. Kondisi kelas yang bersih, ventilasi memadai, halaman luas, serta banyaknya tanaman dan sayuran. Sekolah ramah tidak hanya lingkungan fisik yang ramah. Sekolah ramah harus menampilkan karakter/ahlaq yang baik. Ahlak dalam islam sangat luas, seperti ahlak kepada Sang Pencipta, ahlak kepada mausia, ahlak kepada lingkungannya. Nilai-nilai ahlak semacam ini harus bisa di internalisasikan kedalam program sekolah ramah.
Dalam sambutanya Kepala SDN 1 Gondang   Bp. G. Saino, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan bahwa ada tiga langkah setrategis yang dilakukan oleh SDN 1 Gondang dalam mewujudkan sekolah ramah anak, pertama adalah mewujudkan sekolah ramah lingkungan melalui program sekolah adiwiyata, dan sekolah sehat, kedua mewujudkan sekolah ramah pembelajaran melalui program sekolah berkarakter dan sekolah model, yang ketiga adalah mewujudkan sekolah yang ramah jajanan melalui program kantin sehat yang bekerja sama dengan BPOM Tingkat Propinsi Jawa Tengah.
Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya SDN 1 Gondang mendapatkan mendapat Juara 1 Sekolah Ramah Anak Tingkat Kabupaten Wonogiri. Keberhasilan ini merupakan berkat kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Baik tim SDN 1 Gondang, Tim Korwil Bidang Pendidikan, dan juga tim dari Forkompincam Kecamatan Purwantoro. Semoga keberhasilan di penghujung akhir tahun ini bisa menjadi pemicu untuk meraih prestasi di tahun 2019. Salam Gondang 1 Oke..(Tim CPU Gondang 1).
 
Kegiatan Verifikasi Sekolah Ramah Anak
Tamu Undangan Kegiatan Verifikasi SRA


Verifikasi Dokumen

 
Verifikasi Lapangan





 
Kepala SDN 1 Gondang Bp. G Saino, M.Pd. menerima tropi penghargaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyuluhan Adiwiyata di Sukomangu 1

MARKET DAY "Membangun Jiwa Entrepreneurhsip Anak Sejak Dini"